7 Oli Transmisi Manual Terbaik Dengan Harga Terjangkau

oli transmisi manual terbaik

Oli Transmisi Manual Terbaik – Oli transmisi manual merupakan cairan pelumas yang diperlukan kendaraan manual agar komponen transmisinya tetap dalam kondisi optimal. Tentunya banyak yang menginginkan oli transmisi manual ini dalam kondisi yang terbaik. Oleh karena itu, sebelum membeli oli transmisi manual terbaik, ada baiknya mengetahui ciri-ciri oli transmisi manual yang baik terlebih dahulu.

Ciri-Ciri Oli Transmisi Manual yang Baik

SAE atau tingkat kekentalan oli perlu diperhatikan saat memilih oli transmisi manual. Semakin tinggi tingkat kekentalannya, maka membuat oli semakin tidak mudah untuk menguap ketika terjadi perubahan suhu. Ciri-ciri SAE untuk oli transmisi manual yang baik biasanya berkisar antara SAE 80 dan SAE 90.

Hal lain yang harus dicermati adalah kode dan grade API yang dibutuhkan. Grade API ini menunjukkan tingkat aditif oli yang biasanya diberi kode GL. Ciri-ciri oli transmisi manual yang baik biasanya membutuhkan grade API GL tingkat 4.

Oli Transmisi Terbaik Untuk Kendaraan Manual

Banyak produsen yang menjual oli transmisi manual, tetapi tidak semua oli tersebut memiliki kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Berdasarkan ciri-ciri yang telah dibahas sebelumnya, berikut ini 7 oli transmisi manual terbaik dengan harga yang mudah dijangkau:

Baca juga : Cara Bersihkan Mesin Mobil

1. STP Gear Oil SAE 80W-90 Tropical Formula

Oli transmisi manual dengan harga 95 ribu ini bisa digunakan untuk mobil, truk, alat berat, hingga traktor. Keunggulan oli ini yaitu mampu melindungi mesin transmisi dari lecet, aus, dan karat, melawan oksidasi, serta mencegah penumpukan kotoran. Oli ini bisa digunakan pada iklim tropis sehingga sangat cocok digunakan di Indonesia.

Baca Juga:  Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi Vs Umum, Ketahui Perbedaannya Dulu!

2. Shell Spirax S3 G 80W

Oli ini dirancang berdasarkan perbaikan tingkat performa untuk memenuhi kebutuhan transmisi di masa depan. Oli berbahan dasar mineral yang dioptimalkan secara khusus serta teknologi aditif baru ini dapat lubrikasi bagian transmisi secara maksimal. Sehingga dapat dipastikan bahwa oli seharga 80 ribu ini bisa membuat sistem transmisi menjadi lebih maksimal.

3. Unilub Gear SAE 90

Oli transmisi manual ini dirancang agar bekerja maksimal pada kendaraan penumpang komersial hingga kendaraan berat. Mineral dan teknologi aditif baru membuat oli ini bisa lubrikasi transmisi lebih baik dan tahan lama. Selain itu, oli seharga 60 ribu ini telah memenuhi standar Eropa serta beberapa negara di Asia.

4. Pertamina Rored MTF SAE 80W-90 GL-4

Oli transmisi manual bermutu tinggi ini diformulasikan menggunakan bahan-bahan pilihan serta aditif yang dikembangkan secara khusus untuk transmisi manual. Penggunaan oli ini disarankan untuk transmisi manual pada kendaraan Toyota serta kendaraan buatan Jepang lainnya. Di toko-toko online, oli ini diberi harga kisaran 60 ribu hingga 75 ribu saja.

Baca juga : Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom

5. BM1 Gear Lube 90 GL-5

Partikel PC-AFA yang terdapat dalam oli ini mampu mengurangi gesekan serta tetap melekat pada celah-celah gigi transmisi. Selain itu, oli ini memiliki tingkat kekentalan SAE 90 yang mana sudah sangat baik untuk digunakan sebagai transmisi. Oli transmisi manual ini dijual dalam kemasan 1 liter dengan harga 122 ribu.

6. Pertamina Rored EPA SAE 90

Seperti namanya, oli transmisi manual ini bisa dipercaya karena memiliki tingkat kekentalan SAE 90. Oli yang dilengkapi formula aditif extreme pressure ini mampu membuat transmisi menjadi lebih lancar dan maksimal. Oli ini dihargai mulai dari 55 ribu hingga 190 ribu tergantung ukuran.

Baca Juga:  5 Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom Anti Gagal

7. Castrol Manual GL-4 80W-90

Oli transmisi manual ini bagus untuk digunakan karena hasil transmisi menjadi lebih halus dan tahan lama. Dirancang khusus untuk segala jenis kendaraan, oli ini memiliki stabilitas termal yang bisa melindungi pembentukan deposit dan pengentalan oli. Selain itu, oli seharga 54 ribu ini juga bisa memelihara kinerja pelumas sekaligus transmisi.

Itulah 7 oli transmisi manual terbaik dengan harga terjangkau. Ingatlah untuk mengganti oli transmisi manual sebelum mencapai jarak 40 ribu km atau sekitar dua tahun sekali. Silahkan pilih oli transmisi manual di atas sesuai dengan kondisi kendaraan masing-masing.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *