5 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok Yang Perlu Diketahui

mesin mobil bunyi klotok klotok

Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok – Sebelum menggunakan mobil, biasanya mobil dipanasi terlebih dahulu agar mesin dapat berfungsi secara optimal. Namun terkadang saat menyalakan mobil, terdapat bunyi aneh seperti bunyi klotok klotok pada mesin yang tentu akan membuat pengendara menjadi terganggu. Apakah penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok layaknya suara logam di dalam mesin.

Pengguna mobil harus mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu lakukan tindakan yang cepat untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang parah. Sebaiknya simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beberapa penyebab timbulnya suara mengganggu tersebut pada mesin mobil:

5 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok Yang Perlu Diketahui

1. Celah Katup Terlalu Lebar

Mesin mobil bunyi klotok klotok biasanya disebabkan karena celah katup yang melebar. Celah katup yang dimaksud disini adalah celah antara batang katup dengan pelatuk klep. Dimana celah tersebut memiliki fungsi memberi ruang pada komponen logam yang sedang mengalami pemuaian saat mesin sedang dipanaskan.

Jarak maksimal antara batang katup dengan pelatuk klep adalah sekitar 0,3 mm. Jika celah katup sudah melewati batas tersebut maka segera lakukan penyetelan ulang. Apabila dibiarkan begitu saja maka rocker akan mengalami benturan dengan batang arm sehingga muncul bunyi klotok klotok pada mesin mobil.

2. Oli Belum Naik

Apabila mobil sudah lama tidak digunakan dan digunakan kembali tanpa dipanasi terlebih dahulu maka akan menyebabkan timbulnya bunyi pada mesin. Oli mobil tidak dapat naik dengan sempurna tanpa bantuan pompa. Oleh karena itu, apabila ingin menaikkan oli mobil secara sempurna maka panaskan mobil terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca Juga:  7 Oli Transmisi Manual Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Baca juga : Cara Membersihkan Kerak Mesin Motor

Jika bunyi klotok klotok pada mesin disebabkan karena oli belum naik dengan sempurna maka hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Cukup panasi mobil beberapa saat dan  tunggu hingga sirkulasi oli berjalan dengan sempurna. Setelah itu, bunyi klotok klotok pada mesin mobil akan hilang dengan sendirinya.

3. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Setiap kendaraan memiliki jenis bahan bakar dengan kadar oktan yang berbeda-beda. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan jenis mobil akan menyebabkan bunyi klotok klotok pada mesin, hal ini disebut dengan engine knocking. Lalu apa penyebab yang dapat ditimbulkan dari engine knocking?

Pengisian bahan bakar yang salah akan membuat proses pembakaran pada mesin menjadi gagal. Tidak hanya itu saja, akan muncul bunyi gesekan yang menyerupai bunyi logam pada mesin mobil. Hal ini dapat dirasakan pengendara saat mobil melaju dengan RPM yang rendah. Jika hal tersebut terjadi maka segeralah untuk mengganti bahan bakar.

4. Komponen Mesin Mobil Mengalami Aus

Penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok selanjutnya yaitu komponen mesin mobil yang mengalami aus. Maka dari itu apabila terdapat komponen mesin mobil yang sudah aus maka segeralah untuk menggantinya. Sebab, apabila hal tersebut dibiarkan begitu saja maka otomatis akan menyebabkan penurunan kinerja pada mesin mobil.

Baca juga : Oli Transmisi Manual Terbaik

Bunyi aneh pada mesin biasanya terdapat di bagian kanan, tepatnya pada bagian sepatu ganda dan mangkok kopling. Jika hal itu terjadi, segera ganti komponen mesin yang mengalami aus agar kerusakan tidak menyebar hingga merusak bagian keseluruhan mesin.

5. Flange Flywheel Rusak

Bunyi klotok klotok pada mesin tidak hanya terjadi pada mobil manual saja, hal yang serupa juga dapat terjadi pada mobil matic. Penyebabnya adalah karena adanya kerusakan pada flange flywheel pada bagian torque converter.

Hal ini dapat dilihat pada plat mobil yang patah atau pecah sehingga bersentuhan dengan body mobil. Apabila hal ini terjadi maka segeralah menggantinya agar bunyi klotok klotok pada mesin mobil tidak terjadi dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  5 Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom Anti Gagal

Ketika terdapat bunyi aneh yang timbul dari dalam mesin maka jangan langsung panik. Kenali terlebih dahulu penyebab mesin mobil bunyi klotok klotok lalu lakukan tindakan yang sesuai. Apabila komponen mesin sudah parah dan akan berbahaya jika dibiarkan maka segera ganti dengan yang baru.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.