7 Cara Bersihkan Mesin Mobil Sendiri Di Rumah Dengan Aman

cara bersihkan mesin mobil

Cara Bersihkan Mesin Mobil – Sama seperti bagian permukaan mobil, mesin mobil juga bisa kotor meskipun terletak di bagian dalam. Kotoran yang menempel pada mesin mobil harus rutin dibersihkan, karena secara tidak langsung akan berpengaruh pada performa mobil. Tanpa harus pergi ke detailing, cara bersihkan mesin mobil berikut bisa dilakukan sendiri di rumah dengan aman.

Perhatikan Ini Sebelum Membersihkan Mesin Mobil

Mesin mobil yang akan dibersihkan tidak boleh terkena matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan pada mesin mobil terdapat bagian berbahan dasar karet dan plastik yang mudah rapuh. Jika bagian tersebut terkena matahari, maka performa mesin akan menurun. Oleh karena itu, usahakan menggunakan tempat yang terhindar dari sinar matahari seperti garasi.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu mobil yang akan dibersihkan mesinnya harus dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, waktu ideal untuk membersihkan mesin mobil adalah pada pagi hari ketika mesin belum dinyalakan sama sekali. Jika mobil telah dikendarai, tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan kondisi mesin benar-benar dalam keadaan dingin.

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Meskipun proses membersihkan mesin mobil bisa dilakukan sendiri, namun tetap tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika dibersihkan sembarangan, maka akan mengakibatkan kerusakan pada mobil. Oleh karena itu, berikut ini cara bersihkan mesin mobil sendiri di rumah dengan aman:

Baca Juga:  5 Cara Merawat Rambut Agar Lurus dan Lembut, Sangat Mudah!

1. Tutupi Bagian Kelistrikan Mobil

Mesin pada mobil memiliki komponen kelistrikan, sehingga membersihkannya dengan air akan memberikan efek yang kurang baik. Tutupi bagian kelistrikan tersebut menggunakan bahan kedap air, sementara bagian kabel yang terkelupas bisa ditutupi dengan plester. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya korsleting serta membuat aman dari setruman listrik.

2. Lepaskan Aki/Baterai

Aki atau baterai merupakan sumber kelistrikan pada mobil, sehingga jika dilepas, maka akan memutus aliran listrik yang dapat menimbulkan korsleting. Melepaskan aki bisa dilakukan jika merasa bahan kedap air tidaklah cukup untuk melindungi bagian kelistrikan tersebut. Selain itu, melepaskan bagian tersebut akan mempermudah proses pembersihan di bagian bawah penyimpanan aki.

Baca juga : Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom

3. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Setelah aki dilepas, pembersihan bisa dilakukan pada bagian bawah kap mesin terlebih dahulu karena letaknya ada di atas. Jika dibersihkan terakhir, maka debu dan kotoran otomatis akan jatuh ke atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan. Pembersihan bagian ini bisa dilakukan dengan menggunakan sikat atau kuas serta cairan pembersih serbaguna.

4. Gunakan Steamer pada Bagian Sulit Dijangkau

Fokus untuk membersihkan bagian permukaan yang besar dan mudah dijangkau pada mesin mobil terlebih dahulu. Selanjutnya steamer bisa digunakan pada bagian yang sulit untuk dijangkau. Gunakan steamer dengan lubang yang kecil agar airnya tidak terciprat sembarangan serta kekuatan cipratan airnya dapat maksimal untuk membersihkan kotoran.

5. Gunakan Engine Degreaser pada Blok Mesin Tidak Terlihat

Bagian blok mesin yang tidak terlihat bisa disemprot menggunakan engine degreaser. Bahan ini mengandung zat-zat kimia tertentu yang bisa membersihkan kotoran pada mesin mobil. Engine degreaser bisa disemprotkan pada sikat terlebih dahulu. Bersihkan mulai dari bagian dengan permukaan besar, lalu dilanjutkan ke bagian kecil hingga ke sela-sela mesin.

Baca Juga:  Tips Padu Padan Outer Tanpa Lengan Agar Terlihat Modis

6. Semprotkan Air Hose pada Mesin

Setelah dibersihkan dengan engine degreaser, mesin bisa dibilas dengan air bersih menggunakan air hose yang kekuatan semburannya bisa diatur. Air hose bisa dibeli secara langsung di bengkel atau dibeli secara online dengan harga relatif terjangkau. Hati-hati saat menggunakan air hose, pastikan jangan sampai merendam bagian kelistrikan.

7. Keringkan Menggunakan Lap Bersih/Microfiber

Jika sudah dibilas dengan air bersih, selanjutnya keringkan seluruh bagian mesin mobil menggunakan lap bersih atau lap microfiber. Pengeringan ini bertujuan agar bagian mesin mobil tidak berkarat. Periksa kembali seluruh bagian mesin mobil, jika masih ada bagian yang basah dan terkena sabun, gunakan lap microfiber untuk mengeringkannya.

Itulah 7 cara bersihkan mesin mobil sendiri di rumah dengan aman. Bagian mesin yang telah dikeringkan bisa dipasangi aki kembali. Setelah itu cobalah untuk menyalakan mesin mobil agar bisa menghangatkan bagian-bagian yang lembab. Pada proses tersebut juga jangan lupa untuk membuka kap mesin supaya air yang tersisa dapat menguap.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.