Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi Vs Umum, Ketahui Perbedaannya Dulu!

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi Vs Umum, Ketahui Perbedaannya Dulu!

Informasi mengenai biaya tune up mobil tentu saja dibutuhkan Anda yang ingin melakukan perawatan kendaraan satu ini. Sebab, biayanya di bengkel resmi dan umum pasti berbeda-beda.           

Seperti diketahui, salah satu cara untuk mengetahui masalah dan menjaga performa kendaraan adalah rutin menjalani tune up mobil baik di bengkel resmi maupun bengkel umum. Sebelum melakukannya, informasi mengenai biaya yang harus disiapkan tentu harus diketahui.

Seperti halnya saat Anda ingin memperoleh daftar mobil 150 jutaan, tentu saja informasi mengenai biaya tune up penting untuk diketahui agar dapat menyiapkannya jauh-jauh hari.

Seputar Kegiatan Tune Up Mobil

Kegiatan tune up mencakup beberapa perawatan dan penggantian komponen pada mobil yang diperiksa berdasarkan masa pakai efektif. Dalam banyak kasus, beberapa komponen yang diganti secara rutin ialah busi, filter oli, filter udara, kampas rem dan lainnya.

Tak hanya itu saja, prosedur penggantian dan biaya tune up mobil antara bengkel resmi dan bengkel umum juga berbeda sehingga sebagai konsumen yang bijak Anda wajib memahaminya.

Melakukan tune up mobil  bisa dilakukan di bengkel umum atau resmi. Umumnya, mekanik akan melakukan tune up kendaraan dengan melakukan:

  1. Mengganti filter pada bagian bahan bakar.
  2. Mengganti oli seperti biasanya.
  3. Membersihkan busi dan filter udara.
  4. Menyetel dan membersihkan rem.
  5. Membersihkan injektor, filter AC, dan ruang bakar.
  6. Membersihkan sistem pada scanning injeksi.

Semua komponen di atas akan dicek dan dilihat, apakah komponen tersebut perlu diganti atau hanya dibersihkan saja. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih dini kerusakan pada mobil.

Baca Juga:  7 Oli Transmisi Manual Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Biaya Tune Up Mobil

Biasanya, biaya tune up di bengkel resmi sekitar Rp300 ribu sampai Rp1 juta lebih. Harga yang ditawarkan ini belum termasuk penggantian komponen dan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Seperti dipaparkan sebelumnya, biaya tune up mobil di bengkel resmi dan bengkel umum tentu saja berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya:

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi

Biaya tune up di bengkel resmi biasanya jauh lebih mahal di bandingkan bengkel umum. Sebab. harga suku cadang yang perlu diganti, di mana bengkel resmi selalu menggunakan suku cadang original dari pabrikan.  Berbeda dengan bengkel umum, di mana kebanyakan opsi suku cadangnya jauh lebih murah.

Rata-rata biaya tune up mobil di bengkel resmi bisa mencapai Rp3 jutaan bahkan lebih. Akan tetapi harganya jauh lebih murah jika Anda hanya ingin tune up mobil ringan saja, yaitu hanya sekitar Rp300 ribuan.

Tune up di bengkel resmi juga membutuhkan waktu lebih lama. Itu disebabkan proses pengecekan akan dilakukan oleh tim mekanik terbaik yang memeriksa seluk beluk mobil untuk melihat performa mobil.

Setelah proses pengecekan, tim mekanik dari bengkel resmi tidak akan langsung mengganti komponen yang rusak parah melainkan memberitahu Anda dan memberikan estimasi harga.

Dalam tahap ini, Anda bisa memilih opsi menggantinya atau tidak. Alasan full tune up menjadi penyebab utama mengapa biayanya menjadi lebih mahal.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum

Tidak mencapai nominal hingga jutaan rupiah seperti biaya tune up mobil di bengkel resmi, di bengkel umum Anda hanya membutuhkan biaya sedikit saja untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Alasannya, karena bengkel umum tidak menetapkan profit terlampau tinggi sehingga biaya tune up mobil jauh lebih terjangkau.

Baca Juga:  5 Cara Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Crom Anti Gagal

Saat melakukan tune up di bengkel umum, Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp350 ribu hingga Rp500 ribuan. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk biaya penggantian sparepart yang rusak parah.

Itulah gambaran mengenai tune up mobil dan biayanya di bengkel resmi atau umum. Meski lebih mahal, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi agar lebih aman dan terjamin.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *