Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya?Ini Dia Jawabannya!

apa penyebab hp cepat panas dan cara mengatasinya

Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya – Permasalahan HP cepat panas acap kali dialami oleh para pengguna smartphone. Keadaan itu terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah penggunaan yang melebihi kapasitas HP. Akhirnya, pertanyaan semacam “Apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya” sering terlontar di mana-mana. Untuk menghindari masalah yang seperti itu, coba paham penyebab HP cepat panas di bawah ini:

Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

1. Pengaturan Tidak Optimal

Penyebab pertama yang mengakibatkan HP cepat panas adalah pengaturan HP yang tidak optimal Apa saja contoh pengaturan HP yang tidak optimal? Salah satunya adalah kecerahan layar yang terlalu terang. Selain itu, widget live wallpaper yang terpasang di HP juga bisa menyebabkan HP menjadi lebih mudah panas.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memeriksa tingkat kecerahan layar dan wallpaper apa yang sedang digunakan. Jika dirasa layar terlalu terang, coba turunkan tingkat kecerahannya. Pun juga dengan live wallpaper yang digunakan, gantilah dengan wallpaper biasa Selain dapat menurunkan suhu, pengaturan HP yang optimal juga dapat menghemat baterai.

2. Terlalu Lama Streaming

Kedua, HP yang cepat panas bisa jadi karena terlalu sering digunakan untuk streaming video dalam jangka waktu lama. Padahal hanya menonton video, kok bisa panas? Aplikasi yang digunakan untuk streaming tentu membutuhkan koneksi internet yang cepat. Kondisi tersebut membuat daya yang keluar semakin besar.

Bahkan tidak hanya itu, menggunakan HP untuk streaming dalam jangka waktu lama juga akan membuat baterai menjadi lebih cepat lowbat. Bentuk mengatasinya, coba kurangi aktivitas streaming yang berlebihan. Sebab, jika kebiasaan tersebut tidak dikontrol, maka selain cepat panas HP juga akan lebih cepat rusak.

Baca Juga:  Ini 5 Aplikasi Jualan Pulsa Tanpa Modal Termurah Dan Menguntungkan

Baca juga : Cara Memindahkan Data dari iPhone ke iPhone

3. Digunakan untuk Gaming

Apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya yang ketiga? Suhu HP yang cepat naik, juga bisa disebabkan karena HP sering digunakan untuk gaming. Aktivitas gaming yang terlalu lama akan berakibat pada peningkatan suhu HP yang cukup cepat. Untuk mengatasinya, atur waktu untuk bermain game.

Kenapa? HP yang sering digunakan untuk gaming GPU-nya akan bekerja lebih keras dari normalnya. Oleh karena itu, berikan kesempatan HP untuk beristirahat. Sebab, jika hal itu tidak dilakukan selain cepat panas, HP juga akan cepat rusak. Pun juga, hal itu tidak terlalu baik untuk kesehatan mata.

4. Ada Bug yang Menyelinap

Penggunaan software yang dibuntuti dengan bugs bisa menjadi penyebab utama terjadinya peningkatan suhu pada HP. Kondisi tersebut muncul karena prosesor HP tidak bisa bekerja dengan optimal.

Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya sering-seringlah melakukan update aplikasi, agar bugs yang terdapat di dalamnya bisa berkurang. Selain itu, rajinlah mengupdate sistem operasi agar prosesor dapat bekerja secara optimal.

Baca juga : Antivirus Terbaik untuk Windows 10

5. Paparan Sinar Matahari

Penyebab HP cepat panas bisa juga karena suhu di sekitar memang sedang tinggi. Untuk mengatasi masalah HP panas karena suhu lingkungan, usahakan untuk melindungi HP dari paparan sinar matahari secara langsung.

Selain menyebabkan HP menjadi cepat panas, paparan sinar matahari juga bisa mengakibatkan kerusakan LCD pada HP dan touch screen tidak akan berfungsi dengan baik.

Alangkah baiknya, ketika sedang berada di luar ruangan HP diletakkan pada tempat yang aman, misalnya di dalam tas atau dompet. Keadaan yang demikian akan membuat suhu HP tetap dalam keadaan stabil. Layar ponsel pun tidak akan cepat rusak dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Ketahui, Ini Aplikasi Agar HP Tidak Lemot Yang Wajib Kamu Miliki

Itulah jawaban dari pertanyaan “Apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya?”. Setelah mengetahui jawaban-jawaban di atas, pastikan untuk tidak mengulangi kesalahan lagi. Sebab, HP yang bekerja melebihi batas kemampuan memiliki kemungkinan untuk terkena masalah kerusakan yang cukup parah. Daripada membawanya ke tukang servis, bukankah lebih baik mengantisipasi lebih dini?

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.